Kata Baku dan Tidak Baku - Lengkap

Kata baku dan Tidak Baku,

Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Sumber utama yang telah ditentukan dalam pemakaian bahasa baku yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI). Kata baku umumnya digunakan dalam kalimat resmi( lisan dan tertulis). Kata Baku biasa digunakan dalam persuratan resmi antar instansi, penulisan lamaran pekerjaan ke entitas, penulisan karangan ilmiah, penulisan perundang-undangan di Indonesia, surat keputusan, nota dinas, pidato resmi, diskusi resmi, penyampaian pembelajaran di sekolah, dll. 

Kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Biasanya kata tidak baku dipakai dalam bahasa percakapan sehari-hari.

Kata Baku-Kata Tidak Baku
Aktif-Aktip
Apotek-Apotik
Aktivitas-Aktifitas
Analisis-Analisa
Atlet-Atlit
Asas-Azas
Atmosfer-Atmosfir

Baca selengkapnya tentang kata baku di> KATA BAKU

pagi ini saya aka bertugas di solo, disana saya akan mengawasi peserta pelatihan yang sedang berlatih keras tapi tidak makan sosis, perjalanan ke solo dapat ditempuh dalam waktu 60 menit dengan menggunakan sepeda motor dengan kecepatan ngebut. Sebelum berangkat sebaiknya kita sarapan dulu karena dibutuhkan ekstra tenaga untuk menjalani hari ini. Baiklah saya sedang mendengarkan lagu dari noah yaitu walau habis terang. lagu ini cukup bagus. mudah di dengar dan mudah dihapal. uuu selamanyaaaa aaaaa. itu adalah bagian dari lirik lagunya. band ini digawangi oleh ariel uki lukman reza dan david beckham. kon beckham si salah tau, david adja... eh si reza baru aja keluar karena ingin buka warung kelontong,, bukaaaan mau belajar agama.. joss lah bang reza... salute.... eh noah abis ngeluarin album baru kan yang di beri title second chance. isinya banyak, tapi yang paling bagus si seperti kemariiin. tapi band favorit saya tetep sheila on 7 lah,,,, gitar2 nya gue banget... belum mandi inhhhhh bau banget... apalagi abis olah raga. ini tulisan yang saya buat hanya untuk google. iya untuk kamu goog... kamu sii algoritmanya susah jadi aku harus nulis banyak banyak dehhhhhhhh.




Kata baku

Pembaca Cerdas, Silakan tinggalkan jejak komentar anda..